Minggu, 19 Maret 2017

Cara Membuat Form pada PHP

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Membuat Form pada PHP. Sebelum itu saya akan menjelaskan dulu apa itu Form.

Form adalah suatu elemen penting pada sebuah pemrograman baik berbasis desktop maupun web, dalam pemrograman web pasti membutuhkan satu atau lebih form entah dijadikan sebagai fitur utama atau hanya selingan, contohnya form login, form pendaftaran, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk membuat kerja form lebih baik kita memerlukan HTML dan PHP yang masing-masing tugasnya sudah ditentukan, HTML digunakan untuk membuat tampilan Form dan PHP digunakan untuk memproses data yang diinputkan ke dalam form. Untuk tampilan dari form kita bisa modifikasi menggunakan CSS dan Javascript tapi kita tidak akan bahas itu, yang kita bahas kali ini adalah bagaimana cara membuat Form pada PHP.

Dalam pembuatan Form PHP terdapat suatu attribut method POST dan GET. Pada dasarnya kedua method itu memiliki fungsi yang sama tapi terdapat perbedaan yaitu POST data yang dikirim menggunakan method ini tidak akan terlihat pada URL dan tidak memiliki batas maksimal data yang dikirim, sedangkan untuk GET data yang dikirim akan terlihat di URL dan memiliki maksimum 2000 karakter untuk dikirim. Method POST akan sering digunakan untuk mengirim data yang bersifat rahasia misalkan username, password, no ID dan sebagainya. Untuk contoh akan kita bahas di bawah ini agar lebih jelas.

Untuk cara menjalankan Form pada PHP adalah dengan membuka file HTML-nya, cara memanggilnya sama seperti pemanggilan file PHP di artikel Cara Menjalankan File PHP dengan XAMPP, hanya saja yang kita panggil adalah file HTML yang memiliki ekstensi .html. Contoh : localhost/tes/index.html.

Method POST

Di sini saya anggap kalian semua sudah dapat membuat file HTML. Pertama kita akan membahas method POST terlebih dahulu, untuk membuat form kita perlu membuat file HTML yang berisi seperti dibawah ini :

<html>
  <body>
     <form action="tampil.php" method="post">
        Nama : <input name="nama" type="text" />
        Umur : <input name="umur" type="text" />
        <input type="submit" value="Kirim" />
     </form>
  </body>
</html>


Untuk penjelasan syntax diatas attribut action adalah tujuan untuk data yang akan dikirim dan diproses, tujuan ini berbentuk file PHP dan method yang digunakan adalah POST. Untuk file tampil.php akan berisi syntax seperti dibawah ini :

<html>
  <body>
     <?php
         echo "Nama : " . $_POST["nama"];
  echo "Umur : " . $_POST["umur"];
     ?>
  </body>
</html>

Pada syntax diatas terdapat perintah $_POST["nama"]; dan $_POST["umur"]; karena kita menggunakan method POST maka untuk menampilkan datanya kita menggunakan perintah $_POST[""] lalu nama dan umur diambil dari mana? Itu didapatkan dari attribut name pada Form, misal nama didapat dari <input type="text" name="nama" />. Dengan perintah diatas akan menampilkan seperti dibawah ini :


Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa method POST tidak menampilkan data yang dikirim pada URL. Lalu bagaimana dengan method GET? Kita akan lihat dibawah ini :

Method GET

Untuk syntax hampir sama seperti method POST hanya saja dirubah pada bagian method dan perintah $_POST pada tampil.php dirubah menjadi $_GET. Perintah pada HTML :

<html>
  <body>
     <form action="tampil.php" method="get">
        Nama : <input name="nama" type="text" />
        Umur : <input name="umur" type="text" />
        <input type="submit" value="Kirim" />
     </form>
  </body>
</html>

Dan perintah pada tampil.php akan seperti dibawah ini :

<html>
  <body>
     <?php
         echo "Nama : " . $_GET["nama"];
         echo "Umur : " . $_GET["umur"];
     ?>
  </body>
</html>

Lalu saat dijalankan programnya akan menampilkan output seperti dibawah ini :

Dapat kita lihat di atas, data yang dikirimkan akan terlihat pada URL dan itu akan sangat berbahaya jika kita menggunakan method yang salah pada form yang mengirim data rahasia. Biasanya method GET digunakan untuk menampilkan data katalog yang memerlukan ID Barang.

Cukup sekian penjelasan dasar tentang Cara Membuat Form pada PHP untuk lebih lanjutnya kalian bisa lihat pada artikel-artikel selanjutnya yang akan saya post. Sampai jumpa lagi!

9 komentar:

  1. med pagi admin, bnyak trima kasih ya dengan artikel ini sya bisa mencoba membuat from php yg bru mulai bljr tntang php.
    Kungjungi Website kampussayahttp://www.atmaluhur.ac.id

    dan Website sayahttps://nirma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. Bagus sekali artikelnya kak, benar benar sangat membantu saya sekali, dengan tutorial yang di jelaskan secara detail seperti ini, saya lebih sangat cepat memahaminya,dan berhasil mencobanya,terima kasih banyak ya.
    Jangan lupa kunjungi website kampus saya
    https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Bagus kak artikelnya, semangat membuat artikel yg sangat membantu kak, untuk yang baru belajar membuat from php,
    Nama saya Vony Ramadhani kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu.
    terimakasih kak atas ilmunya , semogah dapat berguna
    perkenalkan nama saya irfandi amanda putra dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  5. terimakasih kak atas artikelnya sangat bermanfaat bagi saya dan penjelasannya pun mudah untuk dimengerti,Perkenalkan nama saya Septiani dari ISB Atma Luhur,dan ini website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. thanks bang infonya sangat bermanfaat, dan membantu
    Nama saya larasati 1822500149 dari kampus ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  7. makasih bang saya sangat terbantu dengan artikel ini, dan saya akan tunggu artikel selanjutnya dari abang sukses ya
    perkenalkan nama saya larasati 1822500149 dari kampus <a href='https://www.atmaluhur.ac.id">ISB Atma Luhur</a>

    BalasHapus