Sabtu, 18 Maret 2017

Cara Menjalankan File PHP dengan XAMPP

Untuk membuka file PHP kita membutuhkan sebuah webserver, untuk webserver yang paling familiar digunakana oleh kebanyakan orang adalah XAMPP. XAMPP sendiri adalah webserver lokal yang berisi banyak program seperti Apache, MySQL, FileZilla, Tomcat, dan Mercury. Nah untuk memulai PHP kita hanya memerlukan Apache saja. Sebelum itu jelas kita membutuhkan aplikasi XAMPP dulu, yang kita butuhkan yaitu : Aplikasi XAMPP.

Setelah download aplikasi XAMPP langsung saja instal, bagaimana caranya? Hanya next-next saja kok. Jika instal-nya sudah selesai, buka XAMPP Control Panel lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Lalu klik Start pada Apache dan tunggu pada bagian PID(s) dan Port(s) muncul angka dengan backcolor Hijau jika sudah maka WebServer sudah siap digunakan untuk membuka file PHP. Tapi sebelum itu yang harus diingat adalah saat kita akan membuka file PHP simpanlah file tersebut ke dalam folder XAMPP/htdocs/namafolder dan baik nama folder ataupun nama file PHP tidak boleh mengandung spasi, jangan lupa save dengan ekstensi .php.


Untuk cara menjalankannya adalah dengan membuka Browser anda lalu ketikan pada address localhost/namafolder/namafile.php. Contoh : localhost/tes/index.php, lalu tekan enter, jika WebServer dan file sudah tersimpan ditempat yang benar maka akan muncul tampilan sesuai dengan perintah yang anda masukkan. Contoh :


Sedikit penjelasan bagaimana Cara Menjalankan File PHP dengan XAMPP semoga kalian paham dan sampai jumpa.

1 komentar:

  1. terimakasi tutorial PHP nya sangat membantu terlihat rumit tpi setelah diikuti ternyata sedikit mudah menjalankannya.
    Kungjungi Website kampussayahttp://www.atmaluhur.ac.id

    dan Website sayahttps://nirma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id


    sublime sepertinya lebih menarik dibanding yg lainya, karna mempunyai banyak packpage dan plugin yang beragam, Multi Editing kita bisa meletakan kursor di beberapa tempat menggunakan Ctrl+Click, kemudian teks bisa diedit secara bersamaaan.
    Kungjungi Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id
    dan Website saya https://nirama.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus